STAIN Madina Gelar Wisuda Perdana

By Admin


nusakini.com-Madina-Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) menggelar wisuda sarjana. Gelaran ini merupakan kali pertama setelah alih status menjadi negeri.  

Total ada 167 sarjana yang diwisuda pada moment Milad I ini. Sidang senat terbuka berlangsung di Gedung Serbaguna Bupati Madina.  

Hadir menyampaikan orasi ilmiah, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendis Arskal Salim mengucapkan selamat kepada wisudawan dan STAIN Madina yang telah melaksanakan wisuda perdana. Menurutnya, wisuda sekaligus menjadi penanda bahwa proses belajar mengajar di STAIN Madina berjalan dengan baik. 

“Jika Perguruan Tinggi (PT) tidak melakukan wisuda, pasti ada masalah, semisal terkait akreditas kampus," ujarnya.  

Arskal berharap, kehadiran STAIN Madina dapat memberikan kesempatan bagi lulusan pesantren dan madrasah untuk melanjutkan pendidikan. Untuk itu, peningkatan kualitas dan dukungan masyarakat penting agar STAIN terus berjalan baik. Tahun ini, Kementerian Agama mengamanahkan pembangunan sarana prasarana STAIN Madina melalui skema pembiayaan SBSN. 

“Kemenag terus berupaya memfasilitasi pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia, termasuk infrastruktur STAIN Madina agar tarus semakin berkembang semakin baik,” tuturnya. 

Ketua STAIN Madina Torkis Lubis berharap civitas akademika dan masyarakat dapat terus saling sinergi membangun STAIN Madina. 

“Alhamdulillah setelah setahun menjadi STAIN Madina hari ini, PTKIN ini dengan memohon ridho Allah telah mewisuda 167 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)," katanya.  

Saat ini, STAIN Madina sedang mengusulkan pembukaan 18 Prodi baru. Torkis berharap mahasiswa baru akan punya pilihan prodi lebih banyak saat akan kuliah di STAIN Madina. 

Tampak hadir juga pada acara Wisuda perdana STAIN Madina ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padang Sidempuan Sumper Mulia Harahap dan para orangtua wisudawan.(p/ab)